Kamis, 01 Juli 2010

penyebab penyakit

Sakit, Stress dan Peningkatan Gula Darah

Bagi anda yang punya diabetes, pengontrolan gula darah merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menurunkan gejala dan komplikasi jangka panjang dibates. Sakit dan stress ternyata punya pengaruh cukup besar terhadap kadar gula darah anda, hal ini dikarenakan hormon yang digunakan untuk melawan penyakit dan stress tersebut juga bisa meningkatkan kadar gula darah.

gula darah

Mereka yang tidak mengalami diabetes sanggup memproduksi insulin secara ekstra untuk mempertahankan kadar gula darahnya. Berbeda dengan anda yang menderita diabetes, peningkatan kadar gula darah ini merupakan masalah tersendiri :(

Kadang kala anda harus menjadi dokter bagi diri sendiri, dibawah ini merupakan beberapa hal yang sanggup meningkatkan kadar gula darah :)

  • Makan atau minum yang banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.
  • Kurang aktifitas atau olahraga dari biasanya.
  • Sakit dan infeksi (flu, batuk, pilek dan teman-temannya)
  • Positif stress (pernikahan, traveling)
  • Negatif Stress (patah hati, gak punya duit)
  • Tidak cukup insulin atau obat diabetes.

Jadi bila gula darah anda meningkat, jangan keburu ditanggepin yang aneh-aneh dulu, mungkin peningkatan gula darah anda disebabkan oleh hal-hal diatas

Related posts:

  1. Hipertensi, Penyakit yang Jarang Kita Sadari Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang beberapa 2...
  2. Makanan yang Membuat Tubuh Tambah Sakti Sesuai judulnya, saya ingin ngobrolin sedikit dari banyak makanan yang...

Makanan yang ampuh buat tulang

Tulang kita mencapai puncak kekuatannya pada usia dewasa muda, namun kekuatan ini akan menurun pada usia tengah baya. Pada wanita kekuatan tulang ini menurun drastis paska monopouse, hal ini berhubungan dengan penurunan kadar hormon estrogen dan osteoporosis :-| . Tapi jangan kuatir, ternyata masih ada jalan buat kita untuk mempertahankan kekuatan tulang melalui makan makanan yang tepat, apalagi bagi mereka yang udah mulai masuk usia tengah baya, kalo saya kan masih muda belia dan belum baligh :lol: . Berikut makanan-makanan yang ampuh buat tulang.

Susu

susuTidak bisa diragukan lagi bahwa kalsium merupakan ujung tombak kekuatan tulang. Kaum dewasa yang berusia dibawah 50 tahun rata-rata membutuhkan 1000 mg kalsium dan mereka yang berusia diatas 50 tahun membutuhkan rata-rata 1200 mg kalsium. Sedangkan segelas susu segar mengandung + 300 mg kalsium, segelas susu aja udah memenuhi seperempat kebutuhan kalsium perhari :mrgreen: . Ngomongin masalah susu ne, ada yang tau gak bedanya susu cap nona dengan susu nona? :-D

Yogurt

YogurtSampean gak suka minum susu? kalo emang gak bisa sante aja, ternyata segelas yogurt juga memiliki kadar kalsium yang hampir sama dengan susu ;-) . Di kota tempat tinggal saya, malang, ada namanya warung surabi imut & es yogurt klojen, hmm.. disana yogurtnya enak bgt, selain itu tempat ini juga bersejarah dalam perjalanan saya dan anaknya calon mertua.

Ikan Sarden

ikan sardenSusu dan berbagai makanan olahannya seperti keju dan yogurt bukanlah satu-satunya sumber kalsium yang ampuh. Sumber kalsium lain yang bagus adalah ikan sarden, selain sebagai sumber zat penguat tulang, ikan sarden juga kaya akan protein yang banyak dibutuhkan oleh tubuh.

Sawi Putih

sawiHuff.. ini yang mengejutkan, selain kaya akan vitamin dan antioksidan sawi putih juga banyak mengandung kalsium, bahkan hampir setara dengan segelas susu ;-) . Hmm.. enakanya ikan sarden digoreng terus bikin lalapan sawi putih sekalian ama sambal. nyamm…

Tempe, tahu, tofu, tempe hawes, tahu tahwa dan teman-temannya

Makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe sangat kaya akan kalsium sebagai suplai kebutuhan tulang, selain itu dewasa ini lagi marak dibahas tentang isoflavon, yaitu suatu zat yang banyak terdapat pada kedelai dengan efek hampir sama seperti estrogen sehingga bisa mencegah osteoporosis dan berbagai gangguan komplikasi monopouse lainnya. Hmm..jd pengen tahu tahwa di depan stasiun ne!!

Related posts:

  1. Makanan yang Membuat Tubuh Tambah Sakti Sesuai judulnya, saya ingin ngobrolin sedikit dari banyak makanan yang...
  2. Hipertensi, Penyakit yang Jarang Kita Sadari Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang beberapa 2...
  3. Munculnya Google Sitelinks Pada Hasil Pencarian Untuk urusan SEO saya memang gak begitu peduli, sebenarnya ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar